BANDUNG, PastiNews – Pengabdian para dosen Telkom University dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Pariwisata Telkom, dihiasi dengan materi digital marketing.
Mengangkat tema ‘Penerapan Digital Marketing’ secara on site di Aula SMK Pariwisata Telkom Bandung pada Kamis 27 Januari 2022 itu, berkolaborasi dengan tiga fakultas yang ada di Telkom University, yaitu Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Terapan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Menghadirkan tiga pembicara dari dosen prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University, yakni Heppy Millanyani Ph.D dan Dinda Amanda Z. S.E., M.M. Dari tema utama ‘Penerapan Digital Marketing’, kedua pembicara membaginya menjadi dua materi, yaitu ‘Digital Marketing 101’ dan ‘Digital Marketing Strategy’.
‘Aktivitas digital marketing, sangat penting untuk menentukan target pasar terlebih dahulu. Bahkan bisa membentuk beberapa persona spesifik dari target pasar tersebut. Barulah kemudian susun strategi digital marketing sesuai untuk masing-masing persona tersebut. Selain itu, guna meningkatkan efektivitas komunikasi, tampilkanlah ulasan-ulasan dari konsumen biasa maupun influencer yang memang lebih dipercaya ucapannya oleh konsumen saat ini,’ papar Heppy.
SEO sendiri atau Search Engine Optimization adalah metode yang digunakan untuk membuat situs website atau blog kamu berada di posisi pertama mesin pencari seperti Google.
SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas atau orang menuju ke situs web tertentu. Salah satu hal dasar pada praktik SEO adalah mengoptimalkan penggunaan keyword dan pembaruan website.
‘Menghadapi digital era, para marketing harus mampu mengkombinasikan kemampuan membuat konten dan menjual produk, yang kita sebut digital marketing strategy,’ ucap Dinda.
Dalam digital marketing, saat ini banyak orang menggunakan pay-per-click advertising. Sistem ini bertujuan untuk menjangkau lebih orang-orang yang melakukan pencarian di google dengan sebuah keyword. ***