BANDUNG, PastiNews – Menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS Group), Telkomsel memperkuat ekosistem digital di sektor perbankan guna mendukung BNI Go Global. Kolaborasi ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang berlangsung di Jakarta.
Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, kolaborasi bersama BNI dan MCAS Group sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler dalam menghadirkan solusi digital inovatif di berbagai sektor termasuk perbankan yang lebih berdampak pada kemajuan dan penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.
‘Melalui kolaborasi ini, Telkomsel akan senantiasa mengoptimalkan seluruh aset ekosistem digital yang dimiliki dalam menghadirkan berbagai solusi digital yang dibutuhkan untuk mengakselerasi transformasi digital BNI. Mulai dari digitalisasi pelayanan pelanggan, akses terintegrasi, hingga pemanfaatan big data akan mampu meningkatkan kapabilitas digital BNI dan #MelesatPasti guna menjadi salah satu Bank BUMN yang go global,’ paparnya melalui siaran pers Rabu 29 Juni 2022.
Senada, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengungkapkan, perseroan Telkomsel dan MCAS Group memiliki tujuan sama dalam transformasi digital dalam proses bisnis termasuk customer on-boarding, in-app customer engagement, modernisasi tranksaksi dan layanan, hingga pemanfaatan big data.
‘BNI akan terus melakukan kolaborasi strategis bersama mitra bisnis dalam wujud upaya akselerasi transformasi digital serta pencapaian bisnis bagi BNI dan mitra bisnis,’ tambahnya.
Sementara Direktur Utama PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), Martin Suharlie menyampaikan kebanggaaanya dapat berkolaborasi.
‘Dengan kapabilitas infrastruktur digital yang kami kembangkan dan didukung oleh tim IT yang kuat, ke depannya kami akan terus melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan sinergi yang semakin handal dengan banyak pihak,’ ucapnya.
Dalam kolaborasi ini, Telkomsel akan memperkuat kapabilitas Bank BNI khususnya mencakup di bidang account management business, banking and financial account management, dan corporate account management.
Telkomsel juga akan mengoptimalkan ekosistem dan layanan Telkomsel Enterprise untuk membantu BNI mengakselerasi transformasi digital dalam proses customer on-boarding, in-app customer engagement, modernisasi transaksi dan layanan, hingga pemanfaatan big data.
Beberapa kolaborasi Telkomsel yang sudah dan sedang berjalan bersama BNI saat ini meliputi solusi layanan Mobile EDC & EDC Android, konektivitas BNI Agen46, dan Compact Enterprise.
Kemudian untuk berbagai peluang baru yang akan dioptimalkan di antaranya Direct Peering, Fraud Prevention (SIM Swap dan SIM Recycle), Customer Engagement Platform (CEP) Solution, Video API, Header Enrichment, Network Prioritization (GBR), Omni Channel dan Digital Games partnership. ***