BANDUNG, PastiNews – Bagi kamu peserta BPJS Kesehatan terutama warga Kota Bandung, perlu diketahui, mulai awal Mei 2024, setiap berobat ke Puskesmas, harus melalui aplikasi Mobile JKN.
Hal ini penting, dimana jika sebelumnya administrative dilakukan di Kantor Cabang, ditransformasi ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja dan kapan saja tanpa Batasan waktu (selfservice), bernama Aplikasi Mobile JKN.
Hal ini semata-mata untuk meningkatkan pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
Selain berguna untuk membayar dan mengubah data, aplikasi mobile JKN juga memudahkan untuk mengetahui informasi data peserta keluarga, informasi tagihan iuran peserta, informasi Fasilitas Kesehatan dan kemudahan menyampaikan pengaduan, serta permintaan informasi seputar JKN-KIS.
Kasub Tata Usaha Puskesmas Pasirkaliki Ahmad Toifur Sya’ban, SMK mengungkapkan, Aplikasi Mobile JKN mendukung dan mempermudah masyarakat yang akan berobat di Puskesmas.
Selain tidak perlu mendaftar pagi-pagi ke Puskesmas dan mengantri lama, melalui aplikasi tersebut dapat memonitor aktivitas terkait layanan kesehatan di puskesmas.
“Aplikasi mobile JKN ini per 2 Mei 2024 sudah diberlakukan di Puskesmas Pasirkaliki Cicendo Kota Bandung. Melalui apliksi ini, setidaknya bisa menghapus stigma berobat harus mengantri lama,” beber Toifur saat ditemui Jumat (3/05/2024).
Dikatakan, Puskesmas Pasirkaliki pernah mendapat penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai Puskesmas Paripurna, dan Puskesmas tertinggi penerapan Aplikasi Mobile JKN (diatas 40 persen) sedang Puskesmas lainnya se Bandung rata-rata masih dibawah 40 persen.
Sebagai Puskesmas Paripurna, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Saat ini baru 40 persen, bulan depan harus 80 persen dan bulan berikutnya 100 persen pendafataran melalui Mobile JKN.
“Atas nama Pimpinan Puskesmas Pasirkaliki, kami menghimbau warga Bandung segera mendownload aplikasi Mobile JKN, mau berobat di Puskesmas daftar dulu di Mobile JKN. Jika ada keluhanan atas pelanyanan kami sampaikan segera, kami siap menindaklanjuti”, tutupnya. (Adv)