- Pilih Platform yang Tepat
Banyak platform media sosial saat ini, pilih dengan bijak dan sesuai target market
- Pahami Algoritma setiap platform media sosial
Setiap media sosial memiliki sistem algoritma yang berbeda.Dengan memahami bagaimana hal tersebut bekerja maka Anda bisa meningkatkan pangsa pasar dan penjualan . Kunci utama dalam memahami algoritma adalah viralitas. Algoritma Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok sangat menyukai konten dengan viralitas yang tinggi. Kuncinya, buatlah konten yang relevan dan memicu interaksi dengan audiens. Selain itu faktor lain seperti konsistensi, detail keterangan produk, hashtag, serta ketepatan waktu mengunggah konten juga menjadi hal yang bisa mendukung.
- Buat Profil yang Profesional dan Menjual
Sudah menemukan dan menentukan platform yang akan anda gunakan? Jika sudah, buatlah profil seprofesional mungkin. Mulai dari keterangan singkat untuk membuat audiens tau kelebihan bisnis Anda, serta konten-konten dengan visual yang kuat.
- Lupakan Spamming dan Bangun Hubungan yang Kuat
Hindari spamming dengan terus memposting konten jualan, sekali lagi, konten yang baik adalah konten yang sifatnya solutif. Ketika sudah ada interaksi, Anda harus menjaga hubungan dengan followers. Perkuat hubungan dengan cara saling berinteraksi di postingan mereka. Jangan hanya fokus membuat konten dan berharap ada interaksi instant di post
- Tentukan solusi transaksi agar tetap produktif dan terhindar dari penipuan
Karena Anda bertransaksi menggunakan media sosial, pemilihan metode check out menjadi sangat penting agar Anda bisa tetap produktif dan terhindar dari penipuan.
Salah satu platform yang menawarkan hal tersebut adalah Midtrans yang memungkinkan Anda bisa menerima lebih dari 20 metode pembayaran mulai dari Debit/ Credit Card, transfer bank, E-wallet dan yang lainnya.
Tidak perlu repot harus memiliki website untuk menyambungkan API dulu, Midtrans juga menawarkan fitur Payment Link untuk pelaku UMKM. Hanya dengan membuat link yang dapat dibagikan lewat inbox di media sosial atau aplikasi chat, konsumen dapat langsung memproses pembayarannya dengan cepat.
Dengan memahami makna menjadi social seller, tidak hanya sekedar berjualan tetap menciptakan interaksi dengan target konsumen, serta tips dan trik yang bisa dilakukan maka bisnis
Anda tentu dapat semakin berkembang.
Selamat mencoba!!