Dengan kondisi geografis yang beragam dan keterbatasan sumber daya, ia menilai inovasi dan percepatan pelayanan adalah sebuah keniscayaan.
“Penghargaan ini momentum untuk memperkuat semangat berlomba dalam kebaikan pelayanan publik. Jadikan adminduk sebagai wajah negara yang hadir di tengah masyarakat,” tuturnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani Gelung Sakti menjelaskan, penilaian kinerja Adminduk Prima dilakukan pada Juli hingga Agustus 2025 melalui tiga kategori kepadatan penduduk yakni besar, sedang, dan kecil.
Penilaian meliputi seleksi administrasi, presentasi, wawancara kepala dinas, hingga peninjauan lapangan di kantor pelayanan publik.
“Kami melibatkan Ombudsman RI, Inspektorat, Bappeda, dan berbagai unsur agar penilaian ini objektif dan kredibel. Harapannya, penilaian ini mampu mendorong Disdukcapil semakin meningkatkan performa dan integritas dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujar Berli.***