BANDUNG, PastiNews – Telkom Indonesia kembali menginisiasi Program Socio project Innovillage untuk mengajak generasi muda, khususnya mahasiswa seluruh Indonesia dalam inovasi keberlanjutan.
Program Innovillage 2024 merupakan tahun ke-5 dan diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Senin 14 Oktober 2024.
Senior Manager Sustainable Development Goals (SDGs) Unit Social Responsibility Center (SRC) Telkom Indonesia, Suharsono, mengungkapkan, selama lima tahun terakhir, Innovillage telah menjadi wadah yang tak tergantikan bagi para socio preneur muda untuk mewujudkan inovasi-inovasi yang memberikan dampak nyata kepada masyarakat.
Program ini berkomitmen untuk mengembangkan solusi berbasis teknologi yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan, memperkuat peran generasi muda sebagai agen perubahan sosial.
“Tahun 2024 menandai momentum penting bagi Innovillage, memasuki tahun kelima dengan mengusung branding baru yaitu Personalize, Proud Ecosystem dan National Asset. Branding ini mencerminkan tiga nilai utama yang akan membimbing setiap peserta dan inovasinya yaitu solusi yang dihasilkan harus menyesuaikan kebutuhan spesifik masyarakat, menciptakan dampak lebih tepat, pembangunan ekosistem inovasi yang solid. Inovasi yang dihasilkan tidak hanya memberikan manfaat lokal, tetapi juga diakui sebagai aset berharga bagi kemajuan bangsa Indonesia,” ungkapnya.
Dikatakan, tahun ini, Innovillage memperkenalkan tema besar ‘5th Innovillage, yaitu Keberlanjutan Inovasi untuk Membangun Negeri’.
“Inovasi yang dihasilkan tidak hanya berfokus pada penyelesaian masalah jangka pendek, tetapi juga menciptakan dampak jangka panjang yang mampu memberdayakan komunitas lokal, meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi berkelanjutan. Perayaan lima tahun ini bukan sekadar ajang kompetisi, melainkan juga sebuah platform kolaboratif untuk mewujudkan visi bersama dan menciptakan solusi yang diakui sebagai aset nasional,” tambahnya.
Sementara Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya menjelaskan, Innovillage 2024 merupakan langkah awal memperkenalkan dan membuka pendaftaran kompetisi kepada publik, terutama mahasiswa, akademisi dan masyarakat umum.
“Dengan mengusung semangat inovasi digital untuk pembangunan berkelanjutan, Innovillage 2024 diharapkan mampu menciptakan ekosistem yang mendukung sociopreneur muda dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Innovillage kini hadir bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi sebagai wujud nyata aksi bersama menuju masa depan Indonesia yang lebih baik, menuju Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.
Menurutnya, program Innovillage yang diusung PT Telkom Indonesia juga sejalan dengan visi Telkom University untuk menjadi national excellence entrepreneurial university yang berkontribusi pada pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan.
“Bentuk kontribusi kami atas dukungan Telkom Indonesia melalui program ini untuk menghasilkan generasi bangsa yang unggul dan siap menjadi solusi bagi masyarakat,” bebernya.
Tahun ini, peserta dapat mengajukan social project melalui dua kategori yang disediakan, yaitu Kategori dampak sosial keberlanjutan yang mengedepankan inovasi yang dirancang untuk memberikan dampak sosial yang signifikan dan berkelanjutan bagi masyarakat luas.
Kategori Inovasi untuk menciptakan nilai bersama yang berfokus pada sinergi antara kebutuhan bisnis dan masyarakat, di mana inovasi menciptakan nilai ekonomi dan sosial secara bersamaan.
Informasi lanjut, kunjungi situs web resmi Innovillage.id