BANDUNG, PastiNews – Menghadapi momen liburan Natal dan Tahun Baru 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyiapkan berbagai langkah strategis.
Diantaranya petugas perawatan prasarana siaga 24 jam untuk mengawal perjalanan KA dan menempatkan personil siaga di lokasi prioritas seperti perlintasan tidak terjaga, menempatkan personil daerah pemantauan khusus (Dapsus) yang memiliki potensi gangguan bencana alam seperti banjir, longsor, maupun amblesan atau tanah labil.
Tak hanya itu, Alat Material Untuk Siaga (AMUS) juga ditempatkan di lokasi strategis di sepanjang lintas wilayah Daop 2 Bandung.
“KAI berkolaborasi dengan aparat keamanan dan berkoordinasi dengan kewilayahan setempat untuk meningkatkan kemanan dan ketertiban (Kamtib) perjalanan kereta api. Kamtib terdiri dari Polsuska, security, serta berkolaborasi dengan TNI/Polri dari pihak eksternal,” jelas Executive Vice President Daop 2 Bandung, Dicky Eka Priandana saat pengecekan prasarana di stasiun Kiaracondong Bandung Rabu 27 November 2024.
KAI juga memastikan keandalan sarana dan prasarana dengan melakukan ramp check.
“Ramp check atau pemeriksaan kelayakan dan kesiapan dari lokomotif, kereta, maupun fasilitas pelayanan di stasiun dilakukan untuk menjamin pelayanan pelanggan kereta api dalam kondisi sesuai standar pelayanan,” ucapnya.
Dari segi fasilitas KAI telah melakukan persiapan secara maksimal di dalam kereta, hingga flow penumpang keluar area stasiun.
“Kebersihan stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, dan kereta terus dijaga demi memberikan kenyamanan bagi pelanggan,” kata Dicky didampingi Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi.
Selain itu, KAI juga melakukan peningkatan pengawasan dan pemeriksaan intensif di titik-titik yang termasuk dalam Dapsus.
“Kami telah mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mendukung kelancaran dan keamananan perjalanan kereta api jelang Angkutan Natal dan Tahun Baru. Pada aspek SDM seluruh petugas operasional, termasuk masinis dan asisten masinis telah siap menjalankan standar operasional prosedur. Petugas frontliner termasuk kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan memberikan pelayanan sepenuh hati,” tambahnya.
KAI mengimbau pelanggan kereta api untuk memanfaatkan layanan informasi resmi dan tidak ragu meminta bantuan kepada petugas jika diperlukan. ***