“UMKM ini bukan program asal-asalan. Ini bagian dari visi kami untuk mengangkat kelompok masyarakat fakir dan miskin jadi lebih mandiri,” ujarnya.
Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Ronny A. Nurudin menuturkan, pentingnya peningkatan daya saing bagi pelaku usaha.
“Bandung ini kota kreatif. Warganya banyak yang punya usaha, kami bantu lewat pelatihan, promosi, sampai pameran di mal. Salah satunya lewat kegiatan Pasar Kreatif yang diadakan di 8 pusat perbelanjaan,” katanya.
Selain itu, Disdagin juga berupaya membuka peluang sinergi dengan BPR Syariah, termasuk dalam program stabilisasi harga.
“Kami juga ajak distributor dan toko ritel berkolaborasi dengan pelaku usaha unggulan. BPR Syariah bisa ikut terlibat, dan kami siap bantu informasikan,” tutur Ronny.***